Cara Mengatasi Phobia

PhobiaPhobia adalah ketakutan berlebihan terhadap sesuatu walaupun pada kenyataannya sesuatu itu sama sekali tidak berbahaya. Misalnya phobia nasi, phobia durian, phobia kucing, phobia kecoa, phobia tikus, dll.

Cara mengatasi phobia bisa bermacam-macam salah satunya adalah dengan menggunakan Terapi SEFT. Mengatasi phobia dengan SEFT membutuhkan beberapa persiapan-persiapan diantaranya:

  1. Obyek yang ditakuti, misalnya takut tikus, maka sediakan tikusnya
  2. Untuk phobia akut, sebaiknya gunakan gambar sebagai permulaan
  3. Tempatkan obyek yang ditakuti pada jarak yang cukup aman bagi pasien. Jadi, jangan buru-buru didekatkan. Misalnya letakkan di pintu masuk ruangan.

Cara Mengatasi Phobia dg SEFT

Setelah persiapan tuntas, dudukkan pasien dengan rilex dan terapis mulai melakukan terapi SEFT. Kalimat set-up yang digunakan bisa seperti ini:

“Ya Allah walaupun saya sangat takut terhadap…… saya ikhlas menerimanya dan saya pasrahkan kesembuhannya padaMu”

Dan mulailah proses tapping sambil pasien terus melihat obyek yang ditakuti. Setelah cukup merasa nyaman, obyek dapat didekatkan sedikit demi sedikit sambil melihat kondisi pasien. Jangan terlalu buru-buru mengingat kecepatan seseorang menguasai emosinya tidaklah sama.

Pasien berhak menghentikan terapi apabila dirasa sudah cukup. Misalnya phobia kecoa, tak perlu harus sampai memegang kecoanya. Misalnya pasien sudah cukup tenang hanya dengan melihat kecoa dari jarak 1 meter atau memegang kecoa yang terkurung dalam botol, itu sudah cukup.

Setiap orang punya batasan aman sendiri-sendiri. Contohnya orang yang takut anjing, tak perlu diterapi sampai mau mencium anjing tersebut. Selain najis, juga tak terlalu dibutuhkan. Demikian juga phobia2 yang lain seperti phobia kecoa, phobia tikus, dll.

Mudah-mudahan tips mengatasi phobia ini dapat bermanfaat. Bagaimana cara dan metode terapi SEFT, silahkan mengikuti One Day Training SEFT for Healing yang insyaaLlah akan diadakan di:

Hotel Mega Cikini, Jl. Cikini Raya kav. 62-64 Jakarta Pusat
Hari Ahad, 1 September 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB

atau di

BAPELKES, Jl. Bendul Merisi no. 7 Surabaya
Hari Ahad, 15 September 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.